PENINGKATAN PENGETAHUAN ANAK TERHADAP ALAM MELALUI KEGIATAN LITERASI DI PERPUSTAKAAN

Authors

  • Woro Abidah Loka pengujian standar instrumen ruminansia besar

Keywords:

Perpustakaan, Literasi, alam, pengetahuan anak

Abstract

Kekhawatiran terhadap adanya penurunan pengetahuan anak tentang alam mendorong perlunya dilakukan kegiatan literasi alam. Perpustakaan berfungsi sebagai sarana pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman anak terhadap alam melalui kegiatan literasi. Tujuan pengkajian ini untuk mengetahui pemahaman anak terhadap alam. Fokus utama pengkajian ini adalah mengembangkan kegiatan literasi di perpustakaan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kepekaan terhadap alam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan observasi dan wawancara. Informan adalah peserta didik TK Dharma Wanita sebanyak 36 orang. Observasi dilakukan melalui pengamatan peserta didik tentang respon yang diberikan ketika melakukan kegiatan literasi. Wawancara dilakukan dengan menanyakan kepada peserta didik tentang pengetahuan yang didapat dari kegiatan literasi alam. Hasil pengkajian menunjukkan pengetahuan peserta didik terkait alam meningkat setelah mengikuti kegiatan literasi di perpustakaan. Kegiatan literasi yang melibatkan interaksi langsung dengan materi alam dan kreativitas dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep-konsep flora dan fauna serta keragaman hayati. Kegiatan literasi di perpustakaan memiliki potensi besar untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik terhadap alam dan lingkungannya melalui pendekatan partisipatif dan interaktif untuk membantu anak membangun pemahaman yang lebih mendalam dan berkelanjutan.

References

Anazifa, R.D., & Hadi, R. F. (2016). Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) dalam Pembelajaran Biologi. In Prosiding Symbiont (Symposium On Biology Education).

Lubis, H.Z, Fadila, R., Daulay, MMF., & Fadhillah, N. (2022). Stimulasi Kegiatan Mewarnai Untuk Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pema Tarbiyah. 1(1), 11-19. http:// jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/article/ view/1463

Nurhasanah, N., Herliandry, L.D., Zahra, M., & Suban, M.E. (2020). Perkembangan Penelitian Literasi Sains dalam Pembelajaran Fisika di Indonesia. Journal UIN Jakarta, 12(1): 38-46 https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/ view/ 14148/0

Sari, M.L. (2021). Implementasi metode eksperimen untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan literasi sains anak usia dini. Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 8(1), 88-99. https:// jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/viewFile/11895/ 7547.

Zahro, I.F., Atika, A.R., & Westhisi, S.M. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121-130. https://ejournal.unib.ac.id/ potensia/article/view/8241/pdf

Zulfitrah, Z.R. & Eliza, D. (2021). Pengembangan Science Book Anak untuk Pengenalan Literasi dan Karakter Berbasis Budaya Alam Minangkabau. Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1): 1567-1577 L

https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/896/ pdfAnazifa, R.D., and Hadi, R.F. (2016). Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (Project- Based Learning) Dalam Pembelajaran Biologi. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education), 1(1):453–62. http://symbion.pbio.uad.ac.id/prosiding/ prosiding/ID_333_Rizqa%20Devi_Revisi_Hal%20453- 462.pdf

Septiana, A.U., Sumarni, S., & Rukiyah. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Tema Alam Semesta untuk Anak Kelompok B di RA Miftahul Jannah Palembang. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1),1-10. https://journal.uny.ac.id/ index.php/jpa/article/view/24440

Downloads

Published

2023-12-24

How to Cite

Abidah, W. (2023). PENINGKATAN PENGETAHUAN ANAK TERHADAP ALAM MELALUI KEGIATAN LITERASI DI PERPUSTAKAAN. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 32(2), 81–85. Retrieved from https://epublikasi.pertanian.go.id/berkala/jpp/article/view/3511