E-Publikasi Kementerian Pertanian merupakan portal yang memuat publikasi yang diterbitkan secara berkala oleh unit kerja/unit pelaksana teknis lingkup Kementerian Pertanian

Journals

  • Jurnal AgroSainTa: Widyaiswara Mandiri Membangun Bangsa

    Jurnal AgroSainTa: Widyaiswara Membangun Bangsa, with the p-ISSN 2579-7417 (print) and e-ISSN 2774-4922 is a SINTA 4 indexed scientific journal published in collaboration between Indonesian Agricultural Training Center, Agency for Agricultural Extension and Human Resources Development and Indonesian Widyaiswara Professional Association, Ministry of Agriculture.

    Jurnal AgroSainTa: Widyaiswara Mandiri Membangun Bangsa, is a scientific communication medium that accepts scientific articles from Widyaiswara, researchers, lecturers, extension workers, and functional officials within the agricultural life sciences (RIHP). Jurnal AgroSainTa: Widyaiswara Mandiri Membangun Bangsa accepts scientific articles with a scope related to education and training as well as agriculture in general.

    The entire process of publishing articles on Jurnal AgroSainTa: Widyaiswara Mandiri Membangun Bangsa uses the Open Journal System (OJS). Authors, readers, editorial boards, technical editors and review partners can get information regarding articles in the OJS system. 

    ==============================================================================

    Journal Title Journal AgroSainTa: Widyaiswara Mandiri Membangun Bangsa
    Topic Training and Agriculture
    Language Bahasa Indonesia, English
    ISSN 2774-4922 (Online) | 2579-7417  (Print)
    Publishing Frequency Twice a year (Semiannual)
    DOI 10.51589
    Editor-in-chief Rivana Agustin, S.T.P., M.P.
    Penerbit Pusat Pelatihan Pertanian, Kementerian Pertanian RI
    Citation Analysis Google Scholar

    Terindeks:

    Garuda - Garba Rujukan Digital

        

  • Forum Penelitian Agro Ekonomi

    Forum penelitian Agro Ekonomi (FAE) adalah media komunikasi ilmiah yang memuat tinjauan kritis (critical review) hasil-hasil penelitian, gagasan-gagasan ataupun konsepsi-konsepsi orisinal dalam bidang sosial ekonomi pertanian. FAE diterbitkan dua kali setahun yaitu pada bulan Juli dan Desember oleh Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

    Jurnal FAE terakreditasi sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan nomor sertifikat 21/E/KPT/2018 tanggal 9 Juli 2018. Pada Tahun 2021 FAE mengajukan akreditasi ulang kembali dan mendapatkan peringkat SINTA 2 sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor 158/E/KPT/2021, tanggal 9 Desember 2021.

  • Analisis Kebijakan Pertanian

    Analisis Kebijakan Pertanian (AKP) is a scientific journal media that discusses actual issues of agricultural development which includes articles on regional and national agricultural responsive and anticipatory policy analysis. Based on the Decree of the Minister of Research and Technology/Head of the National Research and Innovation Agency Number 148/M/KPT/2020, AKP was designated as a scientific journal with Sinta Rank 2 accreditation.

  • Jurnal Agro Ekonomi

    Jurnal Agro Ekonomi (JAE) adalah media ilmiah primer penyebaran hasil-hasil penelitian sosial-ekonomi pertanian dengan misi meningkatkan pengetahuan dan keterampilan profesional para ahli sosial ekonomi pertanian serta informasi bagi pengambil kebijakan, pelaku, dan pemerhati pembangunan pertanian dan perdesaan. JAE diterbitkan oleh Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian (PSEKP) dua nomor dalam setahun, yaitu pada bulan Mei dan Oktober. Terbit perdana pada Oktober 1981. JAE (versi cetak) sudah terakreditasi sesuai dengan SK dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan sertifikat akreditasi nomor 645/AU3/P2MI-LIPI/07/2015. Pada tahun 2018 JAE telah melakukan akreditasi ulang dan berhasil meraih sertifikat akreditasi dengan nomor 21/E/KPT/2018 tanggal 9 Juli 2018 berdasarkan keputusan dari Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

    Pada Tahun 2020 JAE mengajukan akreditasi ulang kembali dan mendapatkan peringkat SINTA 2 sesuai dengan surat keputusan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional nomor 148/M/KPT/2020. Pada Tahun 2017, untuk menjaring lebih banyak naskah dan memperkaya artikel JAE, maka PSEKP melakukan kerjasama dengan Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (PERHEPI) sesuai dengan surat nomor 726.5/HM.140/A.11/6/2017 dan 1306/SK/PP.PERHEPI/VI/2017.

  • Jurnal Tanah dan Iklim

    Jurnal TANAH dan IKLIM menerima makalah-makalah dari berbagai sumber jika memberikan kontribusi orisinil terhadap pemahaman teoritis dan percobaan, serta aplikasi dari teori dan metodologi dari berbagai aspek ilmu yang berhubungan dengan sumberdaya lahan pertanian, antara lain ilmu tanah, iklim pertanian, hidrologi pertanian dan lingkungan pertanian. Hasil pengujian luar negeri akan dipertimbangkan jika berhubungan dengan kondisi Indonesia. Jurnal dipublikasikan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia (dengan abstrak dalam Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia) dua kali dalam satu tahun.

    JURNAL TANAH DAN IKLIM terakreditasi SINTA 2 Nomor 200/M/KPT/2020. 

  • Jurnal Perpustakaan Pertanian

    P-ISSN :0854-1078

    E-ISSN :2541-0814

    Jurnal Perpustakaan Pertanian (JPP)merupakan jurnal ilmiah yang memuat karya tulis ilmiah hasil pengkajian dan tinjauan tentang perpustakaan, dokumentasi, dan informasi. JPP diterbitkan oleh Pusat Perpustakaan dan Literasi Pertanian, Kementerian Pertanian, setahun dua kali pada bulan Juni dan Desember berbahasa Indonesia. Penerbitan jurnal ini dimaksudkan untuk menyebarkan konsep pemikiran, dan idea atau hasil pengkajian di bidang perpustakaan, dokumentasi dan informasi.

    JPP menerima karya tulis ilmiah yang mempunyai kontribusi pada pemahaman atau teori, penerapan teori, dan metodologi dari berbagai aspek ilmu perpustakaan, dokumentasi dan informasi, termasuk: manajemen perpustakaan, perpustakaan digital dan repositori, organisasi informasi, layanan informasi, pengelolaan pengetahuan, literasi media dan Informasi, preservasi media dan informasi, infometrik, bibliometrik, kebijakan informasi, dan teknologi informasi. Karya tulis ilmiah tersebut tidak sedang ditelaah atau telah diterbitkan di jurnal ilmiah atau teknis lainnya.

  • Jurnal Sumberdaya Lahan

    Jurnal Sumberdaya Lahan mulai tahun 2012. terbit 2 (dua) kali per tahun pada bulan Juli, dan Desember oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP), Badan Litbang Pertanian, yang sejak tahun 2023 berubah nama menjadi Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Sumberdaya Lahan Pertanian (BSIP SDLP), Badan Standardisasi Instrumen Pertanian.

    Jurnal Sumberdaya Lahan memuat artikel tinjauan (review) mengenai hasil-hasil penelitian dan standardisasi yang telah diterbitkan, dikaitkan dengan teori, evaluasi hasil penelitian dan standardisasi lain, dengan atau mengenai kebijakan.  Ruang lingkup artikel tinjauan ini meliputi bidang: tanah, air, iklim, lingkungan pertanian, perpupukan, sosial ekonomi sumberdaya lahan dan Perubahan Iklim Pertanian. 

    Jurnal dapat diakses melalui https://epublikasi.pertanian.go.id/berkala/jsl

    Jurnal Sumberdaya Lahan Terakreditasi nomor: 200/M/KPT/2020 Pada Tanggal 23 Desember 2020 (RISTEK-BRIN)

  • Buletin Agritek

    Buletin Agitek merupakan media publikasi ilmiah yang memuat karya tulis ilmiah teknologi pertanian spesifik lokasi yang meliputi sistim usaha pertanian, sumberdaya pertanian, sosial ekonomi pertanian dan makalah tinjauan ilmiah (review). Buletin ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun oleh Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP). Dewan Redaksi menerima makalah dari sumber manapun yang mampu berkontribusi terhadap pembangunan pertanian. Ruang lingkup dari Buletin ini meliputi aspek pemuliaan tanaman, plasma nutfah, ekofisiologi, budidaya tanaman, perlindungan tanaman, pascapanen, peternakan, sosial ekonomi, penyuluhan serta kebijakan pengembangan pertanian.

  • Warta BSIP Pascapanen

    Warta BSIP Pascapanen terbit setiap triwulan berisikan ulasan tentang SNI, aktivitas balai besar, pelayanan dan informasi pascapanen pertanian.

  • Warta BSIP Perkebunan

    Warta BSIP Perkebunan memuat tulisan semi ilmiah/semi populer yang berisi pokok-pokok kegiatan serta hasil pemikiran di bidang perkebunan.

    ISSN : 2988-0815

  • Warta Sumberdaya Lahan dan Perubahan Iklim Pertanian

    Warta Sumberdaya Lahan mulai tahun 2024. terbit 3 (tiga) kali per tahun pada bulan April, Agustus dan Desember oleh Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP), Badan Standardisasi Instrumen Pertanian.

    Jurnal dapat diakses melalui : https://epublikasi.pertanian.go.id/berkala/wsdl

  • Buletin Teknologi & Inovasi Pertanian

    Buletin Teknologi & Inovasi pertanian merupakan salah satu media informasi yang menyajikan berbagai informasi terkini terkait teknologi dan inovasi pertanian yang telah diterapkan. Kehadiran buletin ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi petani, penyuluh dan pengguna informasi pertanian yang lain

  • Warta LISIVET

    Warta LISIVET merupakan media informasi aktivitas BBPSI Veteriner baik aktivitas manajemen, pelayanan (laboratorium dan perpustakaan), ataupun aktivitas pimpinan dan SDM BBPSI Veteriner.

  • INFO BBPSIV

    Informasi Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Veteriner

  • Newsletter Pusdatin

    Newsletter Pusdatin menyajikan informasi kegiatan lingkup Pusdatin selama bulan berjalan.

  • Warta Pustaka

    Warta PUSTAKA memuat artikel dalam bentuk opini, ulasan berita secara mendalam, informasi IPTEK ataupun gagasan berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan serta penelaahan. Naskah disajikan dalam bentuk tulisan ilmiah popular.