PERAN PUSTAKAWAN DALAM LAYANAN CORNER SNI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI SEBELAS MARET SURAKARTA
Keywords:
Peran Pustakawan, Layanan Informasi, Standardisasi, corner SNIAbstract
Tujuan pengkajian ini untuk mengetahui peran pustakawan dalam layanan informasi standardisasi (Corner SNI) dari Badan Standardisasi Nasional yang dilakukan di Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta. Metode yang digunakan dalam pengkajian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan data melalui studi literatur, dokumentasi dan wawancara. Layanan informasi standardisasi selama ini belum dikenal oleh pemustaka khususnya sivitas akademika karena belum adanya sosialisasi yang dilakukan oleh pustakawan. Pustakawan bekerjasama dengan manajemen universitas berupaya memperkenalkan Corner SNI melalui sosialisasi dan promosi kepada sivitas akademika UNS dan komunitas UMKM.
References
Badan Standardisasi Nasional. (2001). Sistem Standardisasi Nasional. Jakarta: BSN.
Badan Standardisasi Nasional. (2022). SNI untuk perlindungan & daya saing = SNI for protection & competitiveness. Jakarta: BSN.
Kuznetsova, T. (2022). Professional standard specialist in library and information activities: structure, possible application. Proceedings of SPSTL SB RAS, (4), 75-79. Diakses dari https:/
/doi.org/10.20913/2618-7575-2021-4-75-79 https:// www.mendeley.com /catalogue/9c93e334-1513-3984-8554- 8529ce457442/
Mayasi, S.R., & Nugraha, I. (2022). Pendampingan proses sertifikasi SNI pada UMKM kopi binaan BSN Desa Wonosalam Jombang Jawa Timur. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1529. Diakses dari https://Doi.Org/10.31764/Jpmb.V6i3.10240. https:// www.mendeley.com/ catalogue/ f25eb2f4-27a3-3c60-98ac- 97d715a99653/
Musa, Z., Watada, J., & Hirano, H. (2008). Building a comfortable space fitting to human behaviors through BiopsyInformation. IC-MED, 2(2), 141-151. Diakses dari http://wacong.org/icmed/22/6.pdf (diakses 10 November 2023).
Pamungkas, C. A. (2007). Standardisasi mutu produk akhir minyak kayu putih di pabrik minyak kayu putih krai Kesatuan Bisnis Mandiri Industri Non Kayu (KBM INK) Perusahaan Umum Persatuan Hutan Indonesia Unit I Jawa Tengah. Laporan Tugas Akhir (S-1) Fakultas Pertanian Universitas Negeri Sebelas Maret. Surakarta : UNS.
Perpustakaan UNS. (2017). Perpustakaan UNS Kerjasama dengan BSN Buka SNI Corner untuk Mendukung Literasi Bidang IPTEK. Tayang pada 12 April 2017. Diakses dari https:// library.uns.ac.id/perpustakaan-uns-kerjasama-dengan-bsn- buka-sni-corner-untuk-mendukung-literasi-bidang-iptek/
Poerwandari, E.K. (1998). Pendekatan kualitatif dalam penelitian psikologi. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPS3P) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Puspitasari, D. (2021). Strategi promosi UPT Perpustakaan UMM pada masa pandemi Covid-19 Daluang: Journal of Library and Information Science, 1(1), 10-19.
Setiadi, B. (2022), Peran Strategis Standardissi di Era Globalisasi dalam SNI untuk Perlindungan & Daya Saing = SNI for protection & competitiveness. Jakarta: BSN (Badan Standardisasi Nasional, 18- 19.
Setiawan, B. & M. Arfa. (2019). Efektifitas promosi perpustakaan dalam bentuk brosur terhadap minat kunjung pemustaka: Studi kasus di Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Pati Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 17(1), tahun 2018. Diakses dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ jip/article/view/22834
Syaiful, Hardjomidjojo, H., & Cahyadi, E.R. (2019). Strategi penerapan Standar Nasional Indonesia biskuit (SNI 2973:2011) bagi industri kecil menengah. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(2), 151. Diakses dari https://doi.org/10.29244/ mikm.13.2.151-158
Sutarno, N.S. (2006). Manajemen perpustakaan: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Sagung Seto.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Perpustakaan Pertanian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.