DETERMINAN KEPUASAN PEMUSTAKA DIGITAL LIBRARY FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS GADJAH MADA
Keywords:
digital library, kepuasan pemustaka, kualitas layananAbstract
Layanan prima merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kepuasan pemustaka. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas layanan, suasana, keamanan, dan kemudahan Digilib terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Fisipol UGM. Penelitian menggunakaan pendekatan kuantitatif untuk mengukur tingkat kepuasan pemustaka berdasarkan variabel layanan, suasana, keamanan dan kemudahan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan purposive sampling. Hasil olah data nilai R Square diperoleh sebesar 0,564. Kepuasan pemustaka Digilib ditunjukkan oleh variabel kualitas layanan, suasana, keamanan, dan kemudahan. Berdasarkan nilai signifikansi yang didapatkan, variabel kualitas layanan paling dominan yaitu sebesar 0,040, variabel suasana sebesar 0,032, variabel keamanan sebesar 0,024, dan variabel kemudahan sebesar 0,007. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas layanan, suasana, keamanan, dan kemudahan Digilib berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Fisipol UGM. Hasil penelitian dapat dimanfaatkan bagi manajemen untuk menentukan kebijakan dalam meningkatkan kepuasan pemustaka.
References
Amalia, O.N. & Christiani, L. (2020). Analisis tingkat kepuasan pemustaka terhadap kualitas pelayanan perpustakaan dengan metode Libqual+TM. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 9(2), 33-41.
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/ 29978
Ayoung, A.D., Boatbil, C.S., & Banbil, S. (2014). How secure are library collections? An evaluation of polytechnic libraries in Ghana. Information and Knowledge Management, 4(3), 56- 66.
Dahan, S.M., Taib, M.Y., Zainudin, N.M., & Ismail, F. (2016). Surveying users’ perception of academic library services quality: A case study in Universiti Malaysia Pahang (UMP) Library. Journal of Academic Librarianship, 42(1), 38–43. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2015.10.006
Davis, F.D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. Management Information Systems Research Center, University of Minnesota, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.2307/249008.
Dharma, N.O., Budi, N.W.S., & Sugata, I.G.N. (2013). Hubungan antara kualitas layanan Perpustakaan Undiksha dan kepuasan penggunanya. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(2), 222- 238.
Elissa, I. & Mujiyana. (2013). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian via internet pada toko online. J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 8(3), 143- 152. https://doi.org/10.12777/jati.8.3.143-152
Fatmawati, E. (2011). Kajian teoritis mengenai metode LibQUAL+TM untuk mengevaluasi kualitas layanan perpustakaan. Jurnal Ilmiah Kepustakawanan “Libraria”, 1(1), 45-80.
Fleeson, W., Jayawickreme, E., Jones, A. B. A. P., Brown, N. A.,
Serfass, D. G., Sherman, R. A., Mestdagh, M., Pe, M., Pestman, W., Verdonck, S., Kuppens, P., Tuerlinckx, F., O’Connor, M. C., Paunonen, S. V, Baumert, A., Schmitt, M., Perugini, M., Johnson, W., Blum, G. S., ... Matyjek-, M. (2017). No {Title}. Journal of Personality and Social Psychology, 1(1), 1188–1197. https://doi.org/ 10.1111/j.1469-7610.2010.02280.x
Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hornby, A.S. (2015). Oxford Advanced Learner’s Dictionary (9th ed.). Oxford University Press.
Irawati, T., Rimawati, E., & Pramesti, N. A. (2020). Penggunaan metode Technology Acceptance Model (TAM) dalam analisis sistem informasi Alista (Application of Logistic and Supply Telkom Akses). aisthebest: Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise, 4(2), 106-
https://doi.org/10.34010/aisthebest.v4i02.2257.
Islamy, M.A., Wahyudin, D., Margana, A.A. (2016). Analisis tingkat kepuasan pemustaka tentang kualitas layanan perpustakaan dengan menggunakan metode Libqual+ : Studi deskripsi di Perpustakaan Pusat Institut Teknologi Bandung. Jurnal Edulib, 1(75), 1-11.
Kotler, P. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2
Jakarta: PT Indeks
Mowen, J.C. & Minor, M. (2012). Perilaku konsumen. Dialihbahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta: Erlangga.
Oktaviani, H.R., Saifudin, & Puspita, R. E. (2019). Kualitas layanan sebagai strategi peningkatan kepuasan pengunjung perpustakaan. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 3(2), 159-174.
Parasuraman, Z. & Bery. (1990). Delivering service quality. New York: Free Press.
Park, E.S., & Park, M.S. (2020). Factors of the technology acceptance model for construction IT. Applied Sciences, 10(22), 1–15. https://doi.org/10.3390/app10228299.
Rahmayanty, N. (2012). Manajemen pelayanan prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Risparyanto, A. (2022). Pengaruh kualitas layanan perpustakaan dan aktivitas kegiatan pustakawan terhadap kepuasan pengguna perpustakaan di era 4.0. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 13(2), 89-100. https://doi.org/10.20885/ unilib.Vol13.iss2.art4.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2018). Strategi pemasaran dalam perspektif perilaku konsumen. Bogor: IPB Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Perpustakaan Pertanian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.