AKTIVITAS PUSTAKAWAN DALAM LAYANAN PENELUSURAN ELEKTRONIS (Studi kasus di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian)

Authors

  • Jusnia Andriani Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian

DOI:

https://doi.org/10.21082/jpp.v20n2.2011.p78-84

Keywords:

Librarians, communications, information retrieval services, users' statisfaction

Abstract

Kepuasan pengguna merupakan ukuran keberhasilan suatu perpustakaan dalam menerapkan layanan prima. Hal ini berkaitan
dengan cara berkomunikasi dan sikap pustakawan dalam memberi bimbingan, arahan, dan memenuhi kebutuhan informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pengetahuan pustakawan terhadap latar belakang pengguna, jenis informasi, dan penguasaan teknik penelusuran dapat mempercepat pemberian layanan kepada pengguna. Suatu studi kasus dengan pendekatan kualitatif telah dilaksanakan pada bulan Juni 2011 terhadap dua responden yang berprofesi masing-masing sebagai peneliti dan penulis yang berkunjung ke perpustakaan Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA). Tujuannya adalah untuk menggambarkan aktivitas pustakawan PUSTAKA dalam memberikan layanan penelusuran kepada pengguna dalam memperoleh informasi melalui pangkalan data online. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa sikap dan kemampuan pustakawan dalam berkomunikasi dan memberikan pelayanan kepada pengguna telah sesuai dengan konsep layanan prima. Hal ini berdampak pada kepuasan pengguna dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Downloads

Published

2023-01-05

How to Cite

Andriani, J. (2023). AKTIVITAS PUSTAKAWAN DALAM LAYANAN PENELUSURAN ELEKTRONIS (Studi kasus di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian). Jurnal Perpustakaan Pertanian, 20(2), 78–84. https://doi.org/10.21082/jpp.v20n2.2011.p78-84