PENGARUH KUALITAS LAYANAN SIRKULASI TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA PADA PERPUSTAKAAN SMK-PP NEGERI KUPANG
DOI:
https://doi.org/10.21082/jpp.v26n1.2017.p26-32Keywords:
Kualitas pelayanan, kepuasan pemustaka, layanan sirkulasi, perpustakaan sekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi libqual dalam kualitas layanan sirkulasi di perpustakaan SMK-PP Negeri Kupang dan menganalisis faktor yang paling dominan memengaruhi kepuasan pemustaka. Dimensi libqual kualitas pelayanan yang dianalisis meliputi akses terhadap informasi (X1), sikap dan kemampuan petugas dalam melayani (X2), kemampuan pencarian informasi secara individu (X3), dan perpustakaan sebagai tempat (X4). Populasi penelitian adalah siswa SMK-PP Negeri Kupang sebanyak 364 orang, dengan sampel penelitian 79 orang yang diambil secara acak sederhana. Berdasarkan analisis statistik diperoleh persamaan regresi Y = -0,902 + 0,258 X1 + 0,262 X2 + Â Â -0,042 X3 + 0,491 X4. Indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya reliabel. Secara parsial, variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pemustaka adalah perpustakaan sebagai tempat dengan koefisien regresi 0,491, diikuti sikap dan kemampuan petugas dalam melayani (0,262) dan akses terhadap informasi (0,258), sementara variabel pencarian informasi secara individu (-0,042) tidak memengaruhi kepuasan pemustaka. Secara simultan, keempat variabel tersebut berpengaruh terhadap kepuasan pemustaka dengan nilai F hitung 33,720 dan signifikansi 0,000<0,005. Nilai koefisien determinansi (R2) sebesar 0,627. Hal ini berarti 62,7% kepuasan pemustaka dipengaruhi oleh akses terhadap informasi, sikap dan kemampuan petugas dalam melayani, kemampuan pencarian informasi secara individu, dan perpustakaan sebagai tempat, sisanya 37,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.Downloads
Published
2017-09-14
How to Cite
Widaryono, W. (2017). PENGARUH KUALITAS LAYANAN SIRKULASI TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA PADA PERPUSTAKAAN SMK-PP NEGERI KUPANG. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 26(1), 26–32. https://doi.org/10.21082/jpp.v26n1.2017.p26-32
Issue
Section
Articles