PROTOTIPE PERPUSTAKAAN RAMAH ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ISLAM BALESARI KABUPATEN MAGELANG: BEST PRACTICE
DOI:
https://doi.org/10.21082/jpp.v26n2.2017.p68-76Keywords:
Pendampingan, perpustakaan ramah anak, pengabdian, perpustakaan sekolah, pengembangan perpustakaan, prototipeAbstract
Perpustakaan sekolah di Indonesia umumnya belum berkembang dan kondisinya memprihatinkan sehingga fungsi perpustakaan belum dapat berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini terjadi pula di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Islam Balesari, Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berdasarkan masalah tersebut, perlu adanya Program Membangun Prototipe Perpustakaan Ramah Anak. Program ini diadopsi dari Perpustakaan Sekolah Room To Read dan berbagai literatur. Pengkajian ini menjelaskan enam tahap pembangunan perpustakaan ramah anak, yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) hasil pelaksanaan, (4) monitoring dan evaluasi, (5) dampak pelaksanaan, dan (6) perubahan sebagai akibat pelaksanaan program. Melalui enam tahap tersebut berhasil dibangun Perpustakaan Ramah Anak di MI Al-Islam Balesari, yang memiliki ruang perpustakaan yang nyaman dan area membaca. Melalui program tersebut juga dilakukan aktivitas pembiasaan membaca, pelayanan jasa sirkulasi, penataan buku pada rak, dan terciptanya kesadaran kepala sekolah dan guru terhadap peran perpustakaan di sekolah. Program ini perlu disebarluaskan karena masih banyak perpustakaan sekolah dasar yang membutuhkan pendampingan dalam pengembangan perpustakaan. Hasil kajian ini dapat diadopsi untuk membangun perpustakaan ramah anak di sekolah dasar lainnya.Downloads
Published
2018-01-29
How to Cite
Nugroho, D. A., & Haryati, S. (2018). PROTOTIPE PERPUSTAKAAN RAMAH ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ISLAM BALESARI KABUPATEN MAGELANG: BEST PRACTICE. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 26(2), 68–76. https://doi.org/10.21082/jpp.v26n2.2017.p68-76
Issue
Section
Articles