IDENTIFIKASI MODAL SOSIAL LAYANAN PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN DAN PENGETAHUAN PERTANIAN DIGITAL

Authors

  • Penny Ismiati Iskak Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
  • Juznia Andriyani Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian

DOI:

https://doi.org/10.21082/jpp.v29n2.2020.p80-88

Keywords:

Modal sosial, kepercayaan, norma, jaringan, perpustakaan

Abstract

Modal sosial merupakan bagian penting dalam pengembangan perpustakaan. Pengkajian ini bertujuan untuk mempelajari modal sosial dalam layanan informasi Perpustakaan dan Pengetahuan Pertanian Digital (P3D). Pengkajianini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan metode etnografi untuk mengidentifikasi dan memahami makna terbentuknya modal sosial pada layanan perpustakaan. Modal sosial dalam layanan perpustakaan di P3D meliputi kepercayaan, jaringan dan norma. Di antara ketiga unsur tersebut, tidak ada yang mendominasi. Norma perlu ditekankan lagi agar kegiatan perpustakaan berlangsung kondusif. Layanan perpustakaan mampu membentuk kerjasama antara perpustakaan dengan lembaga lain dimana pemustaka bernaung. Perpustakaan menjadi tempat untuk berdiskusi dan melakukan kerja kelompok bagi pemustaka pelajar. Perpustakaan juga menyediakan tempat yang nyaman bagi peneliti untuk menyelesaikan tugas. Disarankan agar norma dapat ditingkatkan melalui sosialisasi peraturan secara lebih intensif dengan membuat alat promosi yang diletakkan pada tempat strategis serta menerapkan peraturan dan meningkatkan komunikasi dengan pemustaka. Kepercayaan pemustaka dapat lebih ditingkatkan dengan penyediaan fasilitas-fasilitas lain yang memudahkan pengguna

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Iskak, P. I., & Andriyani, J. (2020). IDENTIFIKASI MODAL SOSIAL LAYANAN PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN DAN PENGETAHUAN PERTANIAN DIGITAL. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 29(2), 80–88. https://doi.org/10.21082/jpp.v29n2.2020.p80-88