KEBUTUHAN INFORMASI INSAN OMBUDSMAN DI PERPUSTAKAAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.21082/jpp.v29n1.2021.p27-32Keywords:
Insan Ombudsman RI, kebutuhan informasi, kebutuhan pemustaka, perpustakaan Ombudsman RIAbstract
Perpustakaan Ombudsman merupakan salah satu perpustakaan khusus yang baru didirikan di Indonesia. Koleksi yang dimiliki masih sangat terbatas dan tidak memadai dalam memenuhi kebutuhan informasi insan Ombudsman. Tujuan pengkajian adalah untuk mengetahui informasi atau bahan perpustakaan yang dibutuhkan oleh insan Ombudsman dalam mendukung tugas dan fungsinya dalam mengawasi pelayanan publik. Pengkajian menggunakan metode survei, penentuan sampel dilakukan dengan metode stratified random sampling, dan data dianalisis secara deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui e-survey dengan beberapa pertanyaan tertutup dan terbuka, disebarkan melalui grup Kesetjenan dan keasistenan Ombudsman secara online dari tanggal 1 sampai dengan 30 April 2020. Jumlah responden sebanyak 52. Hasil survei menunjukkan bahwa subjek koleksi yang paling banyak dibutuhkan adalah ilmu komputer, informasi dan karya umum serta sains dan teknologi masing-masing sebanyak 13,4% responden. Buku merupakan jenis koleksi yang paling banyak dibutuhkan responden (63,5%). Alasan responden memilih subjek koleksi adalah untuk memperluas wawasan (59,6%) dan menyelesaikan tugas kantor (17,3%). Berdasarkan hasil pengkajian ini, rekomendasi yang dapat disampaikan bagi pengelola Perpustakaan Ombudsman adalah dalam proses pengadaan bahan perpustakaan melalui pembelian diharapkan dapat memprioritaskan subjek ilmu komputer, informasi, karya umum, dan sains teknologi,serta jenis koleksi berupa buku.Â