KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN SMK-PP NEGERI KUPANG DALAM PERSPEKTIF LIBQUAL+TM
DOI:
https://doi.org/10.21082/jpp.v25n2.2016.p55-62Keywords:
Kualitas layanan, perpustakaan sekolah, LibQual â„¢, adequacy gap, superiority gapAbstract
Perpustakaan sebagai unit pelayanan jasa nonprofit yang berorientasi kepada pemustaka dituntut untuk memberikan layanan prima. Pelayanan yang berkualitas akan berujung kepada kepuasan para pemustaka yang menggunakan jasa perpustakaan. Hal tersebut merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan pelayanan perpustakaan. Pengkajian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan harapan siswa terhadap kualitas layanan perpustakaan Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK-PP Negeri Kupang). Pengkajian dilaksanakan di perpustakaan SMK-PP Negeri Kupang pada Maret-Mei 2016 dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SMK-PP Negeri Kupang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling sebanyak 62 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan instrumen pernyataan diadopsi dari LibQual+TM yang mengukur kesenjangan antara persepsi dan harapan pemustaka terhadap layanan perpustakaan dari aspek akses terhadap informasi, sikap pustakawan/ petugas dalam melayani pemustaka, kemudahan pencarian informasi secara individual, dan perpustakaan sebagai tempat. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa kualitas layanan perpustakaan SMK-PP Negeri Kupang telah dapat memenuhi harapan minimum pemustaka. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata adequacy gap (AG) yang positif (0,67). Dimensi yang paling memenuhi harapan dan persepsi pemustaka adalah akses terhadap informasi.Downloads
Published
2017-09-13
How to Cite
Widaryono, W. (2017). KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN SMK-PP NEGERI KUPANG DALAM PERSPEKTIF LIBQUAL+TM. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 25(2), 55–62. https://doi.org/10.21082/jpp.v25n2.2016.p55-62
Issue
Section
Articles