PEMANFAATAN TELECENTER BALAI INFORMASI MASYARAKAT OLEH PETANI TANAMAN HIAS (KASUS DESA CIHIDEUNG)

Authors

  • Acep Muslim AKATIGA Pusat Analisis Sosial Jalan Tubagus Ismail II Nol 2, Bandung, Telp. (022) 2502302, Faks. (022) 2502302

DOI:

https://doi.org/10.21082/jpp.v22n1.2013.p1-7

Keywords:

Pola komunikasi, sumber informasi, internet, petani tanaman hias

Abstract

Program penyediaan akses internet di pedesaan telah dilakukan oleh berbagai pihak sejak tahun 2000. Keberadaan fasilitas internet melalui program Balai Informasi Masyarakat (BIM) tidak saja sebagai salah satu sumber informasi bagi masyarakat pedesaan, tetapi juga merupakan media untuk kegiatan pengembangan masyarakat desa. Pengkajian dilakukan untuk melihat pola komunikasi dan mengetahui pemanfaatan telecenter BIM di Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, dalam pemenuhan kebutuhan informasi para petani tanaman hias. Pengkajian dilaksanakan dengan metode kualitatif. Analisis data didasarkan pada hasil wawancara dengan para petani, pengurus BIM, dan pengamatan aktivitas di BIM. Hasil kajian menunjukkan bahwa pola komunikasi dalam pemenuhan kebutuhan informasi yang dilakukan oleh para petani Cihideung adalah komunikasi secara langsung, interpersonal, dengan sumber-sumber informasi yang bersifat personal dan tidak termediasi. Telecenter BIM sebagai media komunikasi dan sumber informasi belum dimanfaatkan secara optimal oleh para petani tanaman hias.

Downloads

Published

2015-08-06

How to Cite

Muslim, A. (2015). PEMANFAATAN TELECENTER BALAI INFORMASI MASYARAKAT OLEH PETANI TANAMAN HIAS (KASUS DESA CIHIDEUNG). Jurnal Perpustakaan Pertanian, 22(1), 1–7. https://doi.org/10.21082/jpp.v22n1.2013.p1-7

Issue

Section

Articles