PEMANFAATAN BAHAN PUSTAKA OLEH SISWA: KASUS PADA PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PERTANIAN PEMBANGUNAN NEGERI KUPANG
DOI:
https://doi.org/10.21082/jpp.v23n1.2014.p1-10Keywords:
Bahan pustaka, pemanfaatan, siswa, sekolah pertanianAbstract
Pengkajian bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan bahan pustaka oleh para siswa di perpustakaan Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Kupang
sebagai sumber informasi sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pengkajian menggunakan metode survei. Responden dalam pengkajian ini adalah 43 siswa yang ditetapkan dengan
menggunakan incidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang telah diperoleh kemudian diolah secara deskriptif dan dilakukan penarikan kesimpulan yang berdasarkan nilai persentase. Variabel yang dikaji mencakup pemanfaatan bahan pustaka, kebutuhan bahan pustaka, kondisi dan kualitas bahan pustaka, dan ketersediaan sarana penelusuran informasi. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa pemanfaatan bahan pustaka oleh siswa SMK-PP Negeri Kupang cukup tinggi. Bahan pustaka dimanfaatkan terutama untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta untuk menyelesaikan tugas akhir. Buku teks, koleksi referens dan laporan praktek kerja merupakan bahan pustaka yang dibutuhkan siswa. Bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan SMK-PP Negeri Kupang berkualitas, beragam, sesuai dengan kebutuhan, tersedia pada saat dibutuhkan, namun jumlah eksemplarnya kurang dan kurang mutakhir.
Informasi mudah ditemukan dan sesuai dengan kebutuhan, serta akses informasi cepat dengan menggunakan sarana OPAC, walaupun pemanfaatannya belum optimal.