PENGELOLAAN LAYANAN INFORMASI ILMIAH DENGAN SISTEM E-COMMERCE DI PDII-LIPI
DOI:
https://doi.org/10.21082/jpp.v25n1.2016.p1-8Keywords:
Layanan informasi, perdagangan elektronik, kemasan informasi, layanan online, PDII-LIPIAbstract
Pengkajian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis layanan informasi ilmiah dan pengelolaan layanan e-commerce di PDII-LIPI. Pengkajian bersifat deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Analisis data menggunakan teknik triangulasi dengan cara mereduksi data, mendisplai data, menyusun kesimpulan, dan verifikasi. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa layanan e-commerce di PDII-LIPI masih bersifat semi e-commerce karena tidak semua layanan informasi ilmiah diberikan secara elektronik atau online. Pengelolaan layanan informasi ilmiah dengan sistem e-commerce di PDII-LIPI dilaksanakan dengan beberapa cara, yaitu: 1) mengoptimalkan TIK untuk layanan online, 2) mengolah dan mengemas ulang informasi dalam bentuk paket-paket kemasan informasi digital yang menarik, interaktif, dan informatif, 3) menyiapkan sumber daya organisasi untuk mempromosikan dan mendifusikan informasi ilmiah ke masyarakat/daerah, 4) memerhatikan aspek legalitas pengelolaan layanan informasi ilmiah, 5) menetapkan tarif layanan dan menginformasikannya kepada pengguna melalui media online, 6) inovatif mengembangkan layanan online terintegrasi, dan 7) menjaga kepercayaan masyarakat dan kualitas produk/jasa informasi yang ditawarkan kepada pengguna.Published
2016-09-29
How to Cite
Supriyadi, S., & Nashihuddin, W. (2016). PENGELOLAAN LAYANAN INFORMASI ILMIAH DENGAN SISTEM E-COMMERCE DI PDII-LIPI. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 25(1), 1–8. https://doi.org/10.21082/jpp.v25n1.2016.p1-8
Issue
Section
Articles