PERSEPSI SISWA MENGENAI SARANA DAN PRASARANA PERPUSTAKAAN SMK-PP NEGERI KUPANG
DOI:
https://doi.org/10.21082/jpp.v25n1.2016.p23-29Keywords:
Persepsi, siswa, sarana dan prasarana, kualitas, perpustakaan sekolahAbstract
Pengkajian bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa mengenai sarana dan prasarana perpustakaan Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Kupang sebagai salah satu sarana dalam memperoleh informasi yang mendukung tujuan pembelajaran. Pengkajian menggunakan metode survei. Responden pengkajian adalah 152 siswa yang ditetapkan dengan menggunakan accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Variabel yang dikaji adalah persepsi siswa terhadap sarana dan prasarana perpustakaan yang mencakup gedung, ruang, kuantitas dan kualitas perlengkapan dan perabot, penataan, dan keserasian warna. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa siswa menyatakan gedung perpustakaan luas (58,6%), letak perpustakaan strategis (48,0%), ruang perpustakaan nyaman (52,9%), dan suhu ruangan sejuk (46,6%). Jumlah  perlengkapan dan perabot memadai (53,3%) dan tidak banyak yang rusak. Kualitas sarana dan prasarana perpustakaan juga baik (55,9%). Penataan perlengkapan dan perabot serta warnanya serasi. Responden menyarankan perlunya peningkatan sarana dan prasarana perpustakaan secara berkelanjutan agar pemustaka merasa nyaman berada di perpustakaan.Published
2016-09-29
How to Cite
Widaryono, W. (2016). PERSEPSI SISWA MENGENAI SARANA DAN PRASARANA PERPUSTAKAAN SMK-PP NEGERI KUPANG. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 25(1), 23–29. https://doi.org/10.21082/jpp.v25n1.2016.p23-29
Issue
Section
Articles