Motivasi Penerapan Hasil Berlatih pada Pelatihan Vokasi Metode Blended Learning
DOI:
https://doi.org/10.51589/ags.v8i02.3958Kata Kunci:
Fasilitator, Supporting Pelatihan, Pelatihan Metode Blended Learning, MotivasiAbstrak
Pelatihan dengan metode blended learning mempunyai banyak kelebihan dibandingkan pelatihan yang dilakukan secara konvensional maupun online. Sudah banyak penelitian yang mengangkat tentang sistem pelatihan blended learning ini namun belum banyak yang menyoroti aspek motivasi sebagai faktor penting dalam membentuk sikap peserta dalam mengikuti program pelatihan yang bersifat program pada umumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor fasilitator dan dukungan pelatihan terhadap motivasi peserta pelatihan melalui pelatihan dengan metode blended learning dalam upayanya meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilannya sehingga membentuk predisposisi transfer pembelajaran. Tujuan selanjutnya adalah merumuskan model pelatihan yang efektif dan efisien tanpa mengurangi kualitas peningkatan kapasitas peserta pelatihan. Pendekatan Structural Equation Modeling - Partial Least Square (SEM-PLS) digunakan untuk memvalidasi model penelitian. Hasil empiris menunjukkan bahwa faktor fasilitator, supporting pelatihan, dan pelatihan dengan metode blended learning mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi. Hasil evaluasi model struktural memperkuat bahwa model pelatihan dengan metode blended learning memiliki tingkat kecocokan yang sangat baik secara keseluruhan dengan kemampuan menjelaskan hubungan antar variabel laten yang kuat (tinggi) sehingga model mempunyai kecocokan atau kesesuaian yang dapat diterima atau model fit.
Referensi
Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Review, 84, 191–215.
Chin, W.W. (1998). The Partial Least Squares Approach to Structural Equation Modeling. In Modern Methods for Business Research.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Culatta, R. (2021). Digital for good: Raising kids to thrive in an online world. Harvard Business Review Press.
Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares – Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan Program SmartPLS 3.2.9. Universitas Diponegoro Semarang.
Hair et al (2019), When to use and how to report the results of PLSSEM, European Business Review Vol. 31 No. 1, 2019, Emerald Publishing Limited.
Hair et al (2021), Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R, Springer.
Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A New Criterion for Assessing Discriminant Validity in Variance-Based Structural Equation Modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43, 115-135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8.
Imanika, A,D., Pangastuti, D.P., Setiaji, B. (2023). Efektivitas Pembelajaran Luring dan Daring Bagi Mahasiswa Pendidikan Fisika Angkatan 2023. JurnalPendidikanJarakJauhVol:1,No1,2023,Page:1-15.
Kirwan, C., and Birchall, D. (2006). Transfer of Learning from Management Development Programmes: Testing The Holton Model.
Leeuwis, C. (2004). Communication for Rural Innovation (Rethinking Agricultural Extension). Victoria (AUS): Blackwell Publishing.
Natsir. (2023). Efektivitas pembelajaran offline dalam meningkatkan kemampuan siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 45-60.
Setiadi, B., Mufida, F., Puspitasari, A. (2023). Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Fisika Daring dan Pembelajaran Fisika Luring. Jurnal Pendidikan Jarak Jauh Vol: 1, No 2, 2023, Page: 1-10.
Suseno, A. (2021). Membangun hubungan interpersonal dalam pendidikan. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 15(2), 123-134.
Victor H.Vroom. (2014). Work and Motivation. (New York: John Wiley & Son Inc) dalam Veithrizal Rivai. Organisasi dan Motivasi. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Yamin, S. (2022). Olah Data Statistik SmartPLS 3 Smart PLS4 AMOS STATA (Edisi Kedua). Penerbit Dewangga Energi Internasional.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Djoko Witono, Edi Dwi Cahyono , Reza Safitri

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.