Prospek produksi dan pemasaran pisang di Propinsi D.I. Aceh

Authors

  • Rosmijati Sayuti
  • nFN Andriati

Abstract

Indonesian
Pisang termasuk komoditas hortikultura yang mendapat perhatian utama pada PJPT-II. Pisang merupakan komoditas yang sudah umum diusahakan petani sebagai sumber pendapatan. Tulisan ini bertujuan mengkaji kendala-kendala produksi dan pemasaran komoditas pisang serta alternatif pola pengembangannya dengan mengambil contoh provinsi DI. Aceh. Metoda pengumpulan data berdasarkan pemahaman pedesaan dalam waktu singkat (PPWS). Beberapa kendala yang ditemui dalam pengembangan produksi antara lain teknologi budidaya rendah, bibit unggul tidak cukup tersedia dan teknologi kultur jaringan relatif mahal. Sedangkan pada aspek pemasaran adalah modal, belum adanya standar mutu dan teknologi pengolahan yang amsih rendah. Saran-saran dalam pola pengembangan komoditas pisang ini antara lain intensifikasi usahatani pisang rakyat, pengembangan kerjasama, pola perusahaan, pola usahatani terpadu dan pengembangan mutu.

Author Biographies

Rosmijati Sayuti

Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian

nFN Andriati

Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian

Downloads

Published

2016-09-09

How to Cite

Sayuti, R., & Andriati, nFN. (2016). Prospek produksi dan pemasaran pisang di Propinsi D.I. Aceh. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 12(1), 38–48. Retrieved from https://epublikasi.pertanian.go.id/berkala/fae/article/view/1249