Sistem Pemasaran Udang Windu Tambak Rakyat di Jawa Timur

Authors

  • Tri Pranadji

Abstract

Indonesian
Besarnya permintaan udang internasional membuka peluang bagi peningkatan devisa negara dan peningkatan pendapatan petani tambak udang windu. Penelitian ini mempelajari sampai sejauhmana sistem pemasaran udang windu yang ada saat ini berjalan, terutama dikaitkan dengan upaya peningkatan devisa dari ekspor udang dan sekaligus pendapatan petani tambak. Dengan mengadakan pengamatan semi terstruktur dibantu metode survai cepat (quick survey) terhadap petani tambak, pendega, pedagang udang, prosesor udang, dan eksportir udang di Jawa Timur diperoleh gambaran, bahwa:pertama, secara umum dapat dikatakan bahwa sistem pemasaran udang windu tambak rakyat berjalan cukup efisien. Kedua, peran pedagang, eksportir dan cold storage cukup mendukung kelancaran pemasaran. Ketiga, penanganan pasca panen, terutama limbah kepala udang belum cukup ditangani. Keempat, petani tambak belum sepenuhnya mampu memanfaatkan terbukanya apsaran ekspor udang. Untuk itu perlu lebih diperhatikan penajaman pelaksanaan program Intam (Intensifikasi tambak). Disamping itu, pengembangan kolektivitas petani hamparan tambak perlu dikaitkan dengan peningkatan keragaan KUD Mina.

Author Biography

Tri Pranadji

Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian

Downloads

Published

2016-09-13

How to Cite

Pranadji, T. (2016). Sistem Pemasaran Udang Windu Tambak Rakyat di Jawa Timur. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 7(1), 13–23. Retrieved from https://epublikasi.pertanian.go.id/berkala/fae/article/view/1227