Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Saluran Distribusi terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Produk Dodol Nanas Kartika Kabupaten Subang

Penulis

  • Elsy Lediana

Kata Kunci:

produk, harga, saluran distribusi, keputusan konsumen untuk membeli produk

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh produk, harga, promosi
dan saluran distribusi terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian
produk baik secara simultan maupun secara parsial. Metode yang digunakan
adalah metode deskriptif eksplanatori, yaitu metode yang menguji pengaruh
variabel bebas terhadap variabel terikat. Variabel bebas adalah produk, harga,
promosi dan saluran distribusi. Sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan
konsumen dalam pembelian produk Dodol Nanas Kartika. Populasi penelitian ini
terdiri dari para konsumen produk Dodol Nanas Kartika pada 6 Gerai Penjual
Dodol Nanas Kartika. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel acak
terstratifikasi secara proporsional sebanyak 269 orang. Pengumpulan data
dilakukan dengan penyebaran kuesioner sebagai pengumpulan data yang utama,
dan didukung oleh wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis yang
digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa produk, harga, promosi dan saluran distribusi
berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk
Dodol Nanas Kartika Penilaian responden terhadap produk, harga, promosi dan
saluran distribusi cukup baik, namun masih ada beberapa kelemahan seperti
warna kemasan produk kurang menarik, promosi melalui spanduk kurang
banyak, jenis social event yang diikuti masih kurang, jumlah gerai masih kurang
memadai, cara pembayaran produk perlu lebih ditingkatkan dengan
menggunakan kartu kredit, karena ada sebagian konsumen dari wisatawan yang
tidak memiliki uang tunai.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-02