Peningkatan Mutu Pembelajaran melalui Kajian Sistem Pembelajaran di Pusat Pelatihan dan Manajemen Kepemimpinan Ciawi- - Bogor
DOI:
https://doi.org/10.51589/ags.v4i2.3Kata Kunci:
sistem pembelajaran, sistem penjaminan mutu, strategiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan permasalahan dan
merumuskan strategi meningkatkan mutu proses pembelajaran dengan
mendeskripsikan sistem pembelajaran yang sudah dilaksanakan dan juga
menganalisis aspek internal dan eksternal. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara,
dokumentasi dan triangulasi (gabungan). Data dianalisis dengan tiga
tahapan, yaitu analisis deskriptif kulitatif, analisis faktor SWOT dan
perumusan strategi dengan matriks SWOT. Hasil penelitian
menunjukkan adanya permasalahan pada manajemen sumber daya
manusia, sarana prasarana, keuangan dan efektifitas sistem unit
penjaminan mutu. Faktor strategik eksternal mempunyai potensi lebih
besar dari faktor strategik internal.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Abdul Hani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.