Pengaruh Minat dan Percaya Diri terhadap Prestasi Belajar Peserta Pelatihan Dasar Fungsional Penyuluh Pertanian Terampil di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara
DOI:
https://doi.org/10.51589/ags.v3i2.14Kata Kunci:
minat belajar, percaya diri, prestasi belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai : 1)
pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar peserta pelatihan dasar
fungsional penyuluh pertanian terampil, 2) pengaruh percaya diri
terhadap prestasi belajar peserta pelatihan dasar fungsional penyuluh
pertanian terampil, dan 3) pengaruh minat belajar dan percaya diri
terhadap prestasi belajar peserta pelatihan dasar fungsional penyuluh
pertanian terampil di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH)
Cinagara Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di BBPKH Cinagara Bogor.
Waktu penelitian dilaksanakan di bulan Agustus s/d September 2018.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar (X1) berpengaruh
positif terhadap prestasi belajar (Y). Percaya diri (X2) berpengaruh
positif terhadap prestasi belajar (Y) dan kombinasi minat belajar (X1)
dan percaya diri (X2) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar (Y).
Hasil analisis regresi berganda menunjukkan model regresi
Y=19,319+0,191X1+0,619X2. Lebih lanjut, uji parsial dan simultan
dengan nilai signifikansi p < 0,05 menunjukkan kontribusi yang
diberikan sebesar 43% untuk minat belajar dan 61% untuk percaya diri.
Besarnya pengaruh minat belajar dan percaya diri terhadap prestasi
belajar peserta pelatihan dasar fungsional penyuluh pertanian terampil
adalah sebesar 57% dan 39% dipengaruhi faktor lain yang tidak dikaji.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan percaya diri
terhadap prestasi belajar peserta pelatihan dasar fungsional penyuluh
pertanian terampil di BBPKH Cinagara Bogor secara parsial maupun
simultan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Alfetmi Setyawati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.