Strategi Pengembangan Usaha Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas di P4S Yoganik Kabupaten Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.51589/ags.v7i2.3579Keywords:
BMC, Rencana Pengembangan Usaha, Analisa SWOTAbstract
Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) sebagai lembaga pelatihan harus mampu menjadi tempat percontohan baik dalam kegiatan usaha maupun pelatihan/permagangan agar dapat berperan dalam peningkatan kapasitas sumberdaya manusia (SDM) pertanian. Kurangnya pengetahuan dan keterampilan pengelola P4S dalam mengembangkan usaha melalui rencana usaha yang tepat menyebabkan permasalahan yang menghambat perkembangan usaha. Strategi dan penyusunan model bisnis yang tepat sangat diperlukan agar dapat diadopsi oleh pelaku usaha yang ingin berusaha di bidang pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan rencana pengembangan usaha P4S melalui analisis SWOT dan BMC. Penelitian ini dilaksanakan di P4S Yoganik Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur dengan metode observasi dan focus group discussion kepada pengelola P4S. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dapat dilakukan oleh P4S dalam mengembangkan usaha adalah strategi diversifikasi yang berada pada kuadran II SWOT dengan memanfaatkan kekuatan untuk menghadapi ancaman (S-T). Strateginya meliputi 1) Pemberdayaan SDM yang kompeten di P4S untuk menghasilkan produk yang bernilai tambah secara kontinyu dengan mengadopsi budidaya pertanian secara organik; 2) Meningkatkan personal branding untuk kegiatan pemasaran produk barang dan jasa baik secara online dan offline untuk menghadapi kompetitor. Rencana pengembangan usaha yang dapat dilakukan P4S melalui pendekatan BMC terdiri dari 9 elemen dan divisualisasikan dalam bentuk kanvas. Diversifikasi usaha dapat difokuskan pada elemen aktifitas kunci (key activities) yaitu dengan mengembangkan usaha jasa sewa alsintan, pembibitan anggur dan pengolahan hasil buah dan sayur. Hal tersebut dapat meningkatkan nilai tambah usaha P4S dan berkontribusi terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan SDM pertanian melalui pelatihan/permagangan di P4S.
The Rural Agriculture Training Center (P4S) as a training institution must be able to become a pilot place for business activities and training/internships. So, it can develop their role in increasing the capacity of agricultural human resources (HR). The lack of knowledge and skills of P4S managers in developing businesses through appropriate business plans causes problems that impact to business development. Strategies and the preparation of appropriate business models are very necessary, so it can be adopted by someone who wants to work in agriculture sectors. This research aims to determine the strategies and plans for P4S business development through SWOT and BMC analysis. This research was carried out at P4S Yoganik, Paiton District, Probolinggo Regency, East Java Province using observation methods and focus group discussions with P4S’s team. The research results show that P4S can developing its business in a diversification strategy which is in SWOT quadrant II by utilizing strengths to face threats (S-T). The strategy includes 1) Empowering competent human resources in P4S to produce products with added value continuously by adopting organic agricultural cultivation; 2) Improve personal branding for marketing activities for goods and services by online and offline to face competitors. The business development plan of P4S can be seen in 9 elements of business model canvas (BMC) and is visualized in canvas form. Business diversification can be focused on key activity elements, by developing machinery rental services, grape nurseries and fruit and vegetable processing. This activity can increase the added value of P4S businesses and contribute to increasing the knowledge and skills of agricultural human resources through training/internships at P4S.
References
Anggraini, N. (2020). Analisis Usaha Mikro dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) . Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 6 No. 2, 139-156 https://doi.org/10.35590/jeb.v6i2.1313.
Ermaya, K. S., & Darna, N. (2019). Strategi Pengembangan Bisnis dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus: Industri Kecil Kerupuk). Business Management and Entrepreneurship Journal Vol. 1 No. 3 September 2019, 201-218.
Hartatik , & Baroto, T. (2017). Strategi Pengembangan Bisnis dengan Metode Business Model Canvas. Jurnal Teknik Industri Vol.18 No. 02 Agustus 2017, 113-120.
Herawati, N., Lindriati, T., & Suryaningrat, I. B. (2019). Penerapan Bisnis Model Kanvas dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Kedelai Edamame Goreng. Jurnal Agroteknologi Vol.13 No. 1, 42-51 https:// https://doi.org/10.19184/j-agt.v13i01.8554.
Jatiningrum , W. S., Astuti, F. H., Sabiq, C. S., Andika, A. L., Adityo, L. B., & Mastrisiswadi, H. (2019). Consumer Preference for Mocaf Packaging using Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Ilmiah Teknik Industri Vol. 18 No. 2, 153-160 https://doi:10.23917/jiti.v18i2.8473.
Kasali, R. (2011). Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting dan Positioning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Nursyahbani, R., & Nurnida, I. (2019). Analisis Bisnis pada Usaha Mikro Kecil Sablon Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas: Studi pada Tio Kingdom Sablon di Kota Solo. E-Proceeding Management Vol. 6 No. 2, 3857-3862.
Pearce, J., & Robinson, R. (2013). Manajemen Strategis . Jakarta Selatan : Penerbit Salemba Empat.
Rizqi, Z. U., Purba, D. A., & Nugroho, R. R. (2019). Penentuan Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Analisis SWOT dan Business Model Canvas. Seminar Nasional IENACO (pp. 307-315). Solo: Industrial Engineering National Conference 7.
Sitio, V. S. (2017). Strategi Bisnis Model dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus di Industri Kecil dan Menengah (IKM) Bir Pletok Bu Lina di Kelurahan Ciracas Jakarta Timur. JEBA Vol. 2 No. 1, 36-51.
Tambunan, T. (2002). Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia: Beberapa Isu Penting . Jakarta Selatan : Penerbit Salemba Empat .
Tjitradi, E. C. (2015). Evaluasi Perancangan Model Bisnis Berdasarkan Business Model Canvas . AGORA Vol. 3 No. 1 , 8-16.
Zulkarnain , Saputra, G. M., & Silvia, D. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas pada PT. Pitu Kreatif Berkah. Jurnal Industrial Servicess Vol. 6 No. 1 Oktober 2020, 55-61.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nining Hariyani, Agus Wahana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.