Pengaruh Off the Job Training dan Motivasi Belajar terhadap Minat Belajar serta Dampaknya terhadap Persentase Hasil Kemajuan Belajar Peserta Pelatihan Pemeriksa Kebuntingan

Authors

  • Sri Teguh Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.51589/ags.v4i1.12

Keywords:

off the job training, motivasi belajar, minat belajar, persentase hasil kemajuan belajar

Abstract

Penelitian ini ditunjukan untuk menguji pengaruh off the job training dan
motivasi belajar terhadap minat belajar serta dampaknya terhadap
persentase hasil kemajuan belajar peserta pelatihan pemeriksa
kebuntingan (Pkb) baik secara simultan maupun parsial, menentukan
variabel dominan, juga untuk menentukan direct effect, indirect effect
dan total effect disertai uji beda parametris pada dua data yang
berpasangan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif, terdapat kecenderungan peningkatan pada
dengan rataan peningkatan 30.476, secara simultan pengaruh off the job training
dan motivasi terhadap minat belajar adalah signifikan positif,
secara parsial off the job training atau motivasi belajar berpengaruh
positif secara signifikan terhadap minat belajar, ditemukan kontribusi
pengaruh variabel off the job training 53,87% lebih dominan daripada
motivasi belajar terhadap minat belajar, secara simultan off the job training
motivasi belajar dan minat belajar pengaruh signifikan positif
terhadap persentase hasil kemajuan belajar, secara parsial variable off the job training
motivasi belajar maupun minat belajar signifikan positif
terhadap persentase hasil kemajuan belajar, ditemukan kontribusi
pengaruh variabel minat belajar lebih dominan daripada off the job training
maupun motivasi belajar terhadap persentase hasil kemajuan
belajar sebesar 69,54%. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh off the job training
signifikan terhadap persentase hasil kemajuan belajar dan
secara tidak langsung motivasi belajar melalui minat belajar berpengaruh
signifikan terhadap persentase hasil kemajuan belajar.

 

Published

2020-11-21